***********************************************************************************

.

Tuesday, May 11, 2010

SERP sebagai indikator proses (belajar) optimasi SEO

SERP merupakan akronim dari Search Engine Result Page yang secara harafiahnya berarti halaman hasil mesin pencari. Ditinjau dari aktualnya SERP adalah urutan daftar hasil pencarian oleh search engine terkait keyword yang dimasukkan oleh user ke dalam kotak query search engine.

Kemampuan menempatkan site dalam dalam halaman-halaman awal dari  hasil pencarian  oleh search engine menggunakan keyword tetentu menunjukkan keberhasilan dalam optimasi SEO yang dilakukan. Terlebih lebih jika keyword yang digunakan termasuk keyword "pasaran" yang daftar  hasil pencariannya  oleh search engine mencapai jutaan. Buat pemula yang sedang belajar SEO maupun yang expert pengujian SERP ini penting sebagai indikator kemajuan prosess optimasi SEO yang dilakukan terhadap suatu site.

Untuk menguji SERP dari suatu site dapat dilakukan dengan banyak tool dengan mudah dapat dicari di search engine, salah satunya adalah berikut ini CHECK SERP. Pengujian bisa dilakukan dengan menggunakan banyak keyword tetapi tentunya akan lebih tepat sasaran jika menggunakan 1 atau 2 keyword yang kira-kira akan digunakan oleh user dalam mencari site dengan topik site-site tersebut sehingga hasilnya benar-benar mewakili kondisi site dan kebutuhan user.

Namun bagaimanapun kepentingan memperhatikan SERP ini tentunya kembali lagi kepada kebutuhan akan kunjungan user ke suatu site. Semakin dibutuhkan banyak pengunjung ke suatu site semakin pentinglah SERP bagi site tersebut.

Sekilas SEO dan SERP.

SERP merupakan hasil dari proses optimasi seo yang baik dan benar terhadap suatu site, sebagai contoh keterkaitan ini dapat dilihat dalam pembuatan title tag suatu site. Pembuatan title tag merupakan bagian dari proses dasar-dasar SEO, yang sangat terkait dengan penentuan keyword dan yang akhirnya kembali lagi kepada SERP yang notabene berbasis pada keyword. Jadi jika SEO OK, SERP pun mudah-mudahan ikut OK.

0 comments:

Post a Comment