***********************************************************************************

.

Tuesday, May 11, 2010

Title tag untuk SEO

Title tag adalah teks yang biasanya muncul di bagian atas browser yang digunakan. Tak dapat diragukan bahwa title tag adalah bagian yang sangat penting dalam memperbaiki SEO suatu site.

Kebanyakan search engine menentukan jumlah maksimum karakter title yang diterima dan dimunculkan,biasanya berada dalam rentang 60-70 karakater. Jika dalam title tag suatu site dibuat lebih maka yang dimunculkan hanya sebanyak karakter yang ditentukan (60-70 karakter) dari title tersebut.

Spider sebagai bagian dari search engine dalam proses penelusuran suatu halaman akan menggunakan title tag sebagai sumbernya dalam menentukan topic utama suatu site. Inilah pula yang menjadi alasan terhadap anjuran menggunakan keyword dalam title tag dan menempatkannya sebisa mungkin pada bagian awal dari title tag. Teks title tag juga akan muncul didalam halaman hasil pencarian (search engine result page-SERP) dalam bentuk link yang dapat di click oleh user untuk mengakses halaman. Berdasarkan pengalaman dan fakta yang ada penempatan title tag akan memberikan perbaikan yang cepat dan cukup signifikan terhadap ranking.

Sebagai contoh mengenai title tag ini, misalkan suatu site yang membicarakan informasi tentang ikan hias dan bermaksud membuat keyword utama “ikan hias” dan “beternak ikan hias”. Tentunya penggunaan title “ cara beternak ikan hias ” sangat relevan dengan topik site. Spider akan menelusuri site tersebut dan title merupakan faktor pertama yang dilihat oleh spider. Spider kemudian terus menelusuri isi halaman mencari keyword yang sesuai dengan title untuk menentukan relevansi title dan isi. Kesesuaian isi dan title ini sangat menentukan SEO suatu site.

Relevansi isi site dan keyword ini perlu dijaga di semua isi halaman site dan ini bukan pula berarti membuat sebanyak-banyaknya keyword tertentu dalam isi, tetapi tetap mesti memperhatikan keyword density. Walaupun kombinasi keyword (keyword phrase) yang dapat digunakan untuk site bisa mencapai lebih dari 20an tetapi cukuplah menggunakan 2 atau 3 kombinasi keyword yang paling tinggi nilainya di dalam title tag.

0 comments:

Post a Comment