***********************************************************************************

.

Tuesday, April 27, 2010

Pemilihan keyword untuk SEO

Keyword dan SEO.
Keyword adalah dasar dari program SEO. Keyword memainkan pengaruh besar dalam menentukan ranking dan kemungkinan muncul tidaknya webpage di hasil pencarian search engine. Itu pulalah alasan mengapa pemilihan keyword yang tepat sangat penting.

Yang menjadi permasalahan tentunya bagaimana mengetahui tepat atau tidaknya sebuah keyword yang digunakan. Sebelum membahas tentang pemilihan keyword,ada baiknya baca dulu penjelasan singkat berikut ini, dua jenis keyword ditinjau dari sisi keterkaitan keyword dengan jenis atau topik website/webpage.

1. Brand keyword; keyword yang sifatnya berhubungan langsung dengan topic website.
2. Generic keyword; keyword tyang sifat keterkaitannya tidak langsung dengan topic website.

Misalkan saja suatu website ikanhias.com dimana bahasan didalamnya tentang beternak ikan hias arowana, lohan atau guppy , tentunya penggunaan keyword menyangkut beternak ikan hias akan lebih tepat disebut sebagai brand keyword dibandingkan dengan penggunaan keyword seperti ikan arowana, ikan guppy atau ikan lohan yang sebenarnya juga akan sangat membantu sebagai generic keyword /keyword tambahan terhadap website tersebut.

Sah-sah saja menggunakan keyword yang sifatnya generic dan mengandalkan penggunaan nama website yang sifatnya mewakili topic website tetapi tentunya hasilnya akan berbeda dan lebih baik bila dibandingkan dengan website yang memang langsung menggunakan keyword yang sesuai topic website menimbang cara kerja search engine yang notabene bekerja melalui keyword.

Pemilihan Keyword
Pemilihan keyword yang sifatnya spesifik memang sangat penting tetapi terlalu spesifik juga bisa menjadi masalah terlebih-lebih penggunaan keyword yang tidak popular, bisa saja dengan keyword tersebut ranking website berada di nomor satu dari cuma 1 atau 2 halaman hasil pencarian karena keyword tersebut memang sangat jarang digunakan oleh user maupun pembuat site dan tentu saja ini bukan tujuan dari SEO bukan ;).

Jadi gimana dong? berikut ini petuah dari yang sudah mumpuni ni… analisa keyword dapat dilakukan dengan bantuan https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal, dimana keyword yang ingin digunakan terkait topic website dimasukkan ke dalam tool tersebut dan selanjutnya keyword tool tersebut akan menampilkan daftar kata atau kombinasi kata yang sesuai topic website dan tinggal pilih mau pakai yang mana yang paling mewakili topic website. :)

0 comments:

Post a Comment