***********************************************************************************

.

Tuesday, April 13, 2010

Sekilas tentang search engine. search directory dan crawler

Search Engine
Search engine membuat pengguna/user internet lebih mudah mencari informasi dengan menggunakan keyword atau frasa keyword. Search engine bekerja akan memindaklanjuti keyword yang di masukkan dengan  menyesuaikan webpage yang   paling berhubungan  yang ada di dalam directory hasil submit ataupun  hasil index crawler dengan keyword atau frasa yang digunakan.
Sekarang ini banyak sekali directory ataupun search engine  yang membuat index website  dan menawarkan system pendaftaran gratis atau pun dibayar untuk pelayanan pendaftaran website.

Search Directory
Search directory adalah search engine  sekaligus directory yang membuat daftar website atau webpage. Biasanya dikenakan bayaran untuk biaya website administrator (webmaster) dan ada juga yang tanpa bayaran sama sekali untuk mendaftar. Contoh search directory yaitu www.yahoo.com, www.DMOZ.com dan www.MSN.com. Sebagian search directories adalah  pengguna web crawlers seperti yahoo dan MSN.

Web Crawlers
Search engine bekerja menggunakan web crawlers.Web crawlers adalah script kecil otomatis yang juga kadang disebut web robot atau web spider (jaring laba laba) yang menjaring atau dengan cara tertentu membrowsing internet dan mendownload web page atau bagian dari webpage untuk  search engine. Content dari webpage yang di download ini kemudian di index. Index inilah pulalah nantinya yang membuat crawler search engine lebih cepat dan mudah menampilkan hasil pencarian karena  crawler akan  menyesuaikan keyword pencarian terhadap index  dan bukan langsung ke content aktual webpage. Search engine Crawler yang sangat dikenal yaitu google,yahoo, dan live (Microsoft).

Sebenarnya karena cara kerja crawler ini, tanpa membayar untuk didaftarkan pun “suatu saat” dan “akhirnya” nanti juga terindex oleh search robot dan masuk di dalam index search engine. Dan kalau pakai bayar, namanya juga bayar (seperti jalan tol) tentunya akan lebih cepat.

0 comments:

Post a Comment