***********************************************************************************

.

Friday, April 9, 2010

Dasar dasar SEO

 SEO atau Search engine optimization, agak susah di bahasa Indonesiakan, intinya proses membuat agar website atau web page muncul di urutan pertama and paling tidak di halaman-halam an awal di halaman hasil pencarian search engine. Dengan begitu ,semakin besar kemungkinan website/webpage dilihat si pencari ( kecuali kalau tujuan membuat website tidak untuk dilihat orang banyak, ya gak usah capek- capek mikirin SEO :) )


Dengan jumlah website/webpage yang sekarang teramat sangat banyaknya, maka besar pula kemungkinan penggunaan kata kunci/keyword yang sama oleh website-website tersebut sehingga kompetisi untuk tampil di rangking wahidpun semakin ketat.

SEO sangat erat kaitannya dengan design website dan untuk memaksimalkan ranking di search engine, berarti semua element di dalam website dibuat untuk mendukung, medorong dan membantu penncapaian ranking yang tinggi di search engine :)

Adapun element yang dimaksud antara lain :

1. Entry and exit pages ;

Membuat jatuh hati pendatang di page masuk website anda dan membuat mereka mau membuka page lainnya dan keluar di page transaksi anda. Contoh kalau di supermarket, diharapkan pengunjung masuk di entry lane keluar di chasier lane untuk membayar belanjaan.

2. Page titles :

Mempengaruhi penampakannya di search engine yang kemudian mempengaruhi minat si pencari. Pernah lihat “untitled document” di hasil pencarian search? Ini akibat title pagenya kosong.

3. Site content :

Isi website mestinya sesuai dengan keywordnya.

4. Graphics

Gambar yang menarik serta membuat alamat gambar dengan url website.

5. Web site structure.

Struktur website penting karena search engine bekerja menyusuri website dari informasi yang general ke yang specific (contoh yang ok yaitu susunan folder di computer; terklasifikasi jelas dan mempunyai sub folder terkait)

Sebagai tambahan element tersebut diatas , mesti diperhatikan juga hal-hal seperti penentuan keywords (seperti yang disampaikan di awal), link, HTML dan meta tagging.

Tidak cukup hanya itu bahkan setelah semua element ini sudah dibuat sedemikian rupa, agar semakin friendly terhadap search engine mesti diperhatikan juga yaitu mengiklankan blog dan juga frekuensi mengupdate blog; makin sering makin mantap.

Masih ada lagi,… . (banyak mbuanget yach..). element yang lengkap mesti diikuti pengkombinasian element element tersebut (contohnya kombinasi comment dan backlink), dan sangat terkait dengan strategi (= yang ini tergantung inovasi yang punya website tentunya) dan sulit jika hanya mengandalkan kehandalan pada satu element tertentu dari web site.

Sekali OK pengen tetap OK.

Kegiatan mengelola semua element –element tersebut merupakan proses yang terus menerus, selama kita menginginkan berada pada rangking yang tinggi mesti di ikuti dengan melakukan perbaikan dan perubahan strategi. SEO adalah konsep demokrasi traffic, dari traffic oleh traffic untuk traffic ( opini pribadi).

Keadaan akan terus berubah sejalan dengan perubahan strategi kompetitor, perubahan traffic, ditambah lagi perubahan perubahan pada serach engine itu sendiri. Kompetisi terus meningkat dan standard untuk ranking yang tinggi tentunya juga semakin meningkat.

0 comments:

Post a Comment