***********************************************************************************

.

Monday, April 12, 2010

Mengapa SEO?

Sebagaimana disampaikan dalam posting Dasar dasar SEO ,bahwa SEO adalah ilmu/seni mengatur element di dalam website/webpage  untuk mencapai kemungkinan ranking terbaik dalam search engine dan elemet- element tersebut pulalah yang menjadi dasar SEO.Semua element element tersebut ikut berpengaruh terhadap cara perankingan di search engine, apakah itu element  internal atau eksternal, semua mesti benar-benar dipertimbangkan.

Mengapa SEO itu perlu?
Bayangkan, misalkan si Ali  berdiri diantara jutaan orang dan bagaimana caranya mau mencari si Ali  diantara jutaan orang tersebut, wuih… kayak cari jarum didalam tumpukan jerami kan?. Akan lebih mudah tentunya jika orang orang tersebut dibuat berkelompok berdasarkan kriteria tertentu misalnya jenis kelamin, atau pekerjaan atau umur yang kemudian diberi tanda yang khas sbagai ciri kelompok, sehingga akan lebih mudah mencari si Ali tersebut  dengan langsung menuju kelompok yang sesuai dengan jenis kelamin atau pekerjaan atau umur si Ali. Akan lebih mudah lagi dengan memperkecil jumlah dalam kelompok orang dengan mengkombinasikan tiga kriteria tersebut misalnya kelompok laki-laki, pegawai negeri, usia 27 tahun. Dan dapat diperkecil lagi dengan menambahkan kriteria tertentu lainnya.

Sama halnya dengan kondisi suatu website diantara jutaan website lainnya. Crawlernya search engine  bertugas menelusuri  site dan mencatat isinya sesuai kriteria yang digunakan crawler tersebut,   disinilah pentingnya pengaturan element element tertentu website/webpage agar mudah bagi crawler untuk  mengenali dan mengakses website/webpage. Berada di halaman belasan hasil pencarian pun sebenarnya sudah cukup bagus tapi tentunya kemungkinan pencari membuka sampai halaman belasan agak kecil sehingga website/webpage  pun luput dari pencari. Idealnya site muncul di halaman-halaman awal. Site yang muncul dihalaman pertama, tentunya akan lebih mungkin dibuka dan sering dikunjungi yang berarti traffic meningkat dan ini pulalah alasan mengapa  SEO perlu.

Dengan pengaturan element element website sedemikian rupa agar memenuhi beberapa criteria yang digunakan crawler tidak hanya akan membuat website termasuk dalam pengelompokan tetapi juga berada pada posisi teratas dalam pengelompokan.

Berikut criteria yang sering digunakan oleh crawler dalam menentukan rank :

1.Anchor text

2.Site popularity

3.Link context

4.Topical links

5.Title tags


7.Site language

8.Content

9.Site maturity

Dan terdapat ratusan criteria lain yang digunakan untuk meranking suatu website/webpage oleh search engine, Sebagai contoh kriteria tambahan yang terkait link context yaitu lokasi link pada page dan asal  link datang / tujuan keluar. Intinya berusahalah membuat semua criteria tersebut bekerja dengan baik sehingga memenuhi kriteria mampun yang digunakan search engine.

Jelas bahwa semua element mempnyai dampak terhadap ranking  dan  tanpa element tersebut sama halnya dengan buka toko tanpa papan nama atau tanda tanda tertentu, mungkin saja ada  pembeli yang datang tapi akan lebih mudah dikenal dan sering didatangani jika  diberi informasi yang jelas.

0 comments:

Post a Comment