***********************************************************************************

.

Thursday, May 27, 2010

Merancang page element untuk optimasi SEO

Sisi lain dari SEO sebelum membuat suatu site adalah mempertimbangkan element element yang diperlukan untuk memastikan site tersebut nantinya terindex dengan baik oleh search egine. Search engine berbeda satu sama lain dalam memprioritaskan element element dari halaman site. Google sebagai contoh merupakan search engine yang mengandalkan kekuatan keyword, termasuk popularitas site dan link dalam suatu halaman site.

Bagus tidaknya pencapaian peringkat suatu site dalam suatu search engine sangat tergantung pada kemampuan membuat dan mengatur element-element site tersebut dalam memenuhi criteria search engine tersebut. Kriteria utama yang digunakan setiap search engine meliputi teks (keyword), tags , site link dan popularitas site.

Text/Teks
Teks memainkan peranan penting dalam suatu website. Penting dikarenakan teks merupakan sarana membangun kekuatan keyword. Yang perlu menjadi perhatian dalam membangun kekuatan keyword melalui teks ini adalah penempatan dan frekuensi penggunaan keyword dalam teks pada halaman site.

Pengunaan keyword pada teks sangat mendasar dan berpengaruh sekali terhadap hasil index oleh search engine terhadap suatu site. Sudah tentu pula semua ini mesti diawali dengan pemilihan keyword yang benar dimana kesesuaian keyword dengan kata atau frasa yang kemungkinan digunakan oleh user ketika mencari topik atau tema suatu site mesti dipelajari .

Tags
Di dalam SEO terdapat dua hal penting yang berhubungan dengan tag yaitu:
1.Meta tag.
2.HTML tag.

Secara teknis meta tag adalah HTML tag tetapi keduanya dibedakan oleh cara penempatannya. Dua meta tag yang dianggap sangat penting yaitu description tag dan keyword tag.

Penulisan keyword tag biasanya dilakukan dengan format seperti ini,

<meta content='seo, search engine optimization name='keyword' />

pada kondisi tertentu bisa juga seperti ini:

<meta name ='keyword' content='seo, search engine optimization, pagerank' />

SEO, search engine optimization, pagerank merupakan urutan key word.

Penulisan description tag biasanya dilakukan dengan format seperti ini,

<meta name ='description' content='cara melakuan optimasi SEO!' optimization' />

cara melakukan optimsi SEO! merupakan descriptiont

Tidak semua search engine menempatkan meta tag sebagai element yang penting, bagaimanapun untuk mengantisipasi semua kemungkinan, penempatan meta tag ini tetaplah perlu termasuk HTML tag lainnya.

Tag lain yang juga berdampak terhadap suatu site dalam search engine yaitu title tag, heading tag (atau H1) dan anchor tag.

Titke tag, hasil dari tag ini tampak pada browser pada saat site di akses oleh user.Pembuatan title tag akan terlihat seperti ini:

<title>judul site</title>

Heading tertinggi adalah H1 termasuk bagian yang dianggap penting dalam proses crawling search engine dan pengunaan keyword dalam tag ini sangat mempengaruhi keberhasilan proses optimasi.

Anchor tags merupakan link yang menjembatani suatu halaman dengan halaman lainnya dan juga dapat menjadi pengarah menuju dokumen atau gambar di dalam site. Berikut cara penulisan anchor tag

<a href=”http://www.targetwebsite.com/”>teks yang dimunculkan</a>


Link
Link merupakan bentuk kemampuan berinteraksi dengan komunitas site lainnya dan juga dapat menjadi semacam status social dari site. Link dianggap bernilai jika
1. Isi atau conten yang halaman halaman site yang dihubungkan mempunyai keterkaitan dan
2. Link berada dalam status aktif. Broken link justeru menurunkan nilai rangking di search engine.

Banyak penyalahgunaan link dilakukan terutama pada saat awal Google menempatkan link sebagai kreiteria ranking. Praktek link farm salah satu contohnya yang juga merupakan bentuk dari Black Hat SEO yaitu membuat page hanya berisi link yang didisain untuk mencapai rangking yang tinggi.Sekarang ini search engine melakukan penambahan criteria keterkaitan link dengan isi halaman sebagai ukuran penentuan ranking untuk mengatasi praktek praktek link farm.

Popularity
Popularitas merupakan satu hal lagi yang menjadi kriteria yang digunakan oleh banyak search engine dalam penentuan rangking. Semakin sering suatu site di pilih dari halaman hasil pencarian semakin baik rangking yang diperoleh site tersebut. Bertukar informasi dengan teman merupakan salah cara untuk meningkatkan popularitas suatu site selain itu mempopulerkan site dapat juga ditempuh dengan mengiklankan site di media media informasi yang ada .

Tambahan
Tambahan untuk 4 element di atas adalah penggunaan alt tag untuk gambar maupun grafik, search engine tidak bisa membaca gambar atau grafik yang ditampilkan di halaman site oleh karenanya alt tag dapat mewakili gambar atau grafik untuk search engine sekaligus tempat yang bagus menempatkan keyword tambahan.

2 comments:

  1. mantrab gan infonya....
    ajeb ajep, belajar optimasi seo di page element memang diperlukan untuk optimasi seo on page.

    ReplyDelete
  2. Trims. ini informasi yg sangat berguna bagi pembelajar SEO. thank you

    ReplyDelete